Minggu, 06 Maret 2016

Day 4 : Hamil Pada Saat Menyusui



Ehemm … kembali lagi nihh.. masih bersama saya, Jesen. 
Maaf atas keterlambatan saya dalam mempost tulisan saya yang kemarin.. maklum saja, di Papua itu belum semua daerah terfasilitasi jaringan 4G, ditambah lagi dengan perubahan cuaca yang ekstrem yang kadang kala mempengaruhi seluruh jaringan seluler dan internet.
Dan karena alas an tersebut di atas itulah maka saya buru-buru ingin menulis “Jesen’s Diary Day 4” lebih dulu.. yups .. hari ini juga, bapa ibu sodara ssekaliaannnn!!! 

Di segmen kali ini saya akan membahas seputar kehamilan. Guys, mungkin banyak di luar sana yang mengalami hal yang sama seperti yang saat ini saya alami. Jarak klahiran anak terlalu dekat,salah satu resiko yang paling awal adalah hamil pada saat menyusui. 



Kan kalo kata orang tua kita dulu katanya ‘ jangan kasi ASI lagi ke kakak nya, itu udah bukan ASI lagi tapi air nya sudah jadi darah!’ ihhhh, serem!!! Tapi sebenarnya gag gitu juga kok!!

Ini dia faktanya!!!!


Hamil pada saat menyusui tidak memiliki dampak yang nyata, karena janin memerlukan nutrisi dari makanan dan anak yang lahir memerlukan asupan nutrisi dari ASI ibu. Jadi nih jeng, kalo mau diurutkan dari prioritas pemberian nutrisi, prioritas yang utama itu adalah janin yang masih berada dalam kandungan kita, anak yang baru lahir, terakhir baru dah  si ibu yang lagi mengandung.  

Karena itulah nutrisi buat si ibu hamil dan menyusui akan meningkat, karena harus memenuhi nutrisi untuk tiga individu. Kasiannn yahhh.. pasti buuaadaann nya bakalan suangatt muaakkmmuurrr!!! Hahahahahaha :D
Pada dasarnya nih jeng, si ibu hamil yang sedang menyusui hormon progesteronnya bakalan meningkat, sehingga menyebabkan produksi ASI berkurang. Ditambah lagi, proses alamiah yang akan terjadi adalah pada saat hamil biasanya ASI memiliki rasa yang tidak enak, nahh ini yang membuat kakaknya akan otomatis berhenti mengkonsumsi ASI.

Tapi gimana kalo kakaknya gag mau berhenti mengkonsumsi ASI?? 

So sebaiknya ibu mau menambahkan sedikit lebih banyak porsi makannya yah!! Tapi gag cuma menambahkan tapi juga memperhatikan asupan nutrisi dengan makanan yang bergizi dan bila perlu minum susu.
Kadang –kadang nih kalo menyusui pada saat hamil, jeng bakal ngerasa mulas pada perut, kontraksi yang kuat dan pendarahan, maka sebaiknya jeng menghentikan memberikan ASI pada si kakak.

Dan untuk memenuhi asupan nutrisi sang kakak tersayang maka ada baiknya  kakak diberi makanan tambahan saja, kan kasihan kalo ASI yang kakak konsumsi cuma sedikit!!!




  sekian dulu yah informasi dari saya, moga bermanfaat buat para ibu hamil se-nusantara!!! 


Teh bang!! Teh nya,mbak!! 




Saya juga salah satu manusia yang terlahir dengan kecintaan menikmati Teh Hangat di pagi dan malam hari. . Dan besok saya akan berikan satu lagi resep minuman yang berbahan dasar teh, tapi dengan variasi rasa yang unik dan cocok di nikmati di saat santai.. sekian ... cheers and take care....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar