Sabtu, 05 Maret 2016

Day 3: Sate Ayam Bumbu Kacang


Hola guys.. commo esta?? 
Saya harap kalian selalu dalam lindungan kasih karunia-Nya…
Ok, balik lagi nih, seperti janji saya kemarin bahwa saya akan membagikan salah satu resep dari kumpulan resep-resep kuno yang hingga kini tetap eksis.. 
Seru banget buat kalian yang kini juga lagi hamil kayak saya.
Maaf  karena saya baru ngepost resepnya mala mini soalnya musti di cari dulu resep yang udah di simpan sekian lllaaammaaa… :)  here it is… TADAAAAA….
At Last.....



















Nah ini ada beberapa resep yang uhhh.. SATE BUMBU SELAI KACANG,SUP BUNTUT GORENG DAN TAHU TABUR WIJEN dan pastinya masih banyak lagi!!!
Oh ia, hampir lupa, semua resep-resep yang saya kumpulkan ini dari salah satu majalah kulliner terkenal. Thanks buat om dan tante redaksi majalah nya..
Kita start dari yang paling depan aja yahh,,, ini juga merupakan menu yang paling di sukai sama mayoritas penduduk Indonesia!! Apalagi kalo bukan SATE??

Jreng Jreng!!





























Saat melihat resep di atas pasti jeng-jeng di rumah bakal mikir yang aneh-aneh.. idih, tuh ibu males banget sampe gag bisa ngulek kacang kayak mas-mas penjual sate di jalan!! Tapi memangnya apa salah nya mencoba sesuatu yang baru?? 
Jadi bahan utama nya itu udah pasti ayam dan selai kacang..
Tahap pertama kita akan menumis bawang bombai dan bawang putih sampai tercium bau harum dari tumisannya kedian kita masukan saos tomat, selai kacang dan kaldu ayam,yah supaya menghemat biaya saya rebus saja ayamnya dulu terus diambillah kaldunya. Dan kalo mau pedas bisa kita  tambah kan sedikit bubuk lada ato kalo mau extra hot,, silahkan tambahkan saos sambal tapi jangan banyak-banyak karna jeng bisa sakit perutnya nanti.. 
Next kita bumbui dengan garam dan juga gula secuknya sambil diaduk terus sampai meletup-letup. Kemudian padam api nya. Angkat dan taruh ke dalam baskom kemudian masukan potongan ayam yang di potong segitiga-segitiga boleh,kotak-kotak boleh,bulat-bulat juga boleh yah, tergantung selera jeng ajah.... aduk dan diamkan selama tiga puluh jam..gag lah kelamaan,jeng.. tiga puluh sampe satu jam juga udah bisa kok, cuman nih kalo mau bumbunya lebih meresap lagi, boleh kok di rendam semalaman dulu.
Setelah bumbu sudah cukup meresap, kita tusuk daging ayamnya secara selang seling dengan irisan batang atau daun bawang seperti gambar di atas. Siapkan bara api sedang, kemudian bakar ayamnya sambil dikipas-kipas hingga dagingnya matang dan harum. Huuaallaa !! Sate Bumbu Selai Kacang siaapppp!!!




Bahan :
·   
           400 gr daging paha ayam, dipotong kotak 2cm
·         ½ buah bawang bombai, dicincang halus
·         2 siung bawang putih, dicincang halus
·         1 sendok makan saos cabai ( bila perlu)
·         2 sendpk makan saos tomat
·         50 gr selai kacang
·         100 ml kaldu ayam
·         ½ sendok teh garam
·         ¼ sendok teh gula pasir
·         7 batang daun bawang, dipotong 2 cm
·         Tusuk sate
Cara membuat :
1     .  Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum
2     . Tambahkan saos tomat, selai kacang , saos sambal (bila perlu).
3     .  Tuang kaldu sambil diaduk rata.
4     .  Bumbui garam dan gula. Aduk sampai meletup-letup.
5     .  Angkat dari api lalu masukan potongan ayam, diamkan 30 menit.
6     .  Tusukkan daging ayam dan batang daun bawang berselang-seling di tusuk sate. 
      .Bakar di bara api sampai harum.
  *Untuk 17 tusuk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar